Selasa, 07 Oktober 2008

Membangun Jaringan AD HOC

Penggunaan media transmisi dengan kabel sudah lazim dipakai untuk membangun sebuah jaringan LAN. Namun, semakin berkembangnya teknologi dan kebutuhan mobilitas dari pengguna yang begitu tinggi. Media transmisi kabel mulai ditinggalkan dan beralih ke jaringan Wireless.
Wireless LAN memiliki dua tipe jaringan, yaitu jaringan Ad Hoc dan Client / Server. Jaringan peer to peer pada WLAN dikenal dengan jaringan Ad Hoc. Jaringan ini tidak memerlukan Access Point, jadi cukup perangkat NIC wireless yang terhubung PC / notebook. Dengan konfigurasi peer to peer ini, sangat cocok digunakan dalam suatu pertemuan secara temporer. Jadi jika sewaktu waktu kita memerlukan adanya jaringan , dan hanya digunakan pada saat itu saja , kita tidak perlu repot - repot mengurusi kabel yang akan menghubungkan jaringan kita tersebut, dan membongkarnya kembali ketika kita sudah tidak memerlukannya lagi . Cukup gunakan portabel komputer dengan wireless nic didalamnya, maka kita sudah saling terhubung.
Langkah-Langkah Membangun Jaringan Ad Hoc
Sebelum melakukan konfigurasi jaringan Ad Hoc, pastikan masing-masing komputer yang akan dihubungkan sudah di-instal Wireless NIC (WiFi) dengan benar। Pada percobaan ini ada lima computer. Dibawah ini konfigurasi untuk 5 komputer yang akan di koneksikan secara peer to peer.
download doc

Tidak ada komentar: